Galaksi Kinanthi: Sekali Mencintai Sudah itu Mati?

Galaksi Kinanthi: Sekali Mencintai Sudah itu Mati?

Tasaro G.K. / Jun 26, 2019

Galaksi Kinanthi Sekali Mencintai Sudah itu Mati Novel ini bercerita tentang seorang gadis kecil dari sebuah dusun kecil di Gunung Kidul yang dijual orang tuanya hanya demi kilogram beras untuk makan perjalanannya tidak dimulai dari situ saja Per

  • Title: Galaksi Kinanthi: Sekali Mencintai Sudah itu Mati?
  • Author: Tasaro G.K.
  • ISBN: 9789791803595
  • Page: 464
  • Format: Paperback
  • Novel ini bercerita tentang seorang gadis kecil dari sebuah dusun kecil di Gunung Kidul yang dijual orang tuanya hanya demi 50 kilogram beras untuk makan perjalanannya tidak dimulai dari situ saja Perjalanannya dimulai jauh sebelum ia dijual Sepanjang hidup di dusun itu, ia sudah diperlakukan tidak wajar oleh warga dusun Dikucilkan dan dianggap hina hanya karena kemiskNovel ini bercerita tentang seorang gadis kecil dari sebuah dusun kecil di Gunung Kidul yang dijual orang tuanya hanya demi 50 kilogram beras untuk makan perjalanannya tidak dimulai dari situ saja Perjalanannya dimulai jauh sebelum ia dijual Sepanjang hidup di dusun itu, ia sudah diperlakukan tidak wajar oleh warga dusun Dikucilkan dan dianggap hina hanya karena kemiskinan dan pekerjaan orangtuanya Hanya satu orang saja yang mau berteman dengannya satu orang itu yang hampir selama hidupnya memenuhi semua alam sadar dan alam bawah sadarnya Hingga disaat tersusah pun yang pernah ia alami, hanya kenangan tentang seorang teman lamanya lah yang mampu membuatnya bertahan Walaupun ratusan pucuk surat ia alamatkan kepada teman lamanya tersebut yang tidak pernah terbalas, tidak mematikan semangatnya untuk kembali menemukan masa lalunya yang dipaksa dihentikan secara tiba tiba tanpa bisa mengucapkan kata perpisahan Kehidupan yang keras dijalani gadis kecil tersebut setelah ia dijual orang tuanya Mulai jadi pembantu di Bandung, kemudian di jadikan TKW ke Riyadh, ditipu orang lalu dibawa ke Kuawit, dan diboyong ke Miami, Florida, Amerika oleh majikan barunya Semuanya itu ia jalani dengan penyiksaan di setiap hela nafasnya Hingga akhirnya ia berhasil melepaskan diri dari kekejaman nasib yang membelengunya Dengan kebijakan Amerika yang mungkin berbeda dengan Arab, ia difasilitasi pendidikan hingga menjadi seorang profesor dan penulis buku yang namanya sangat berpengaruh di New York.

    • Free Download [Mystery Book] ↠ Galaksi Kinanthi: Sekali Mencintai Sudah itu Mati? - by Tasaro G.K. ↠
      464 Tasaro G.K.
    • thumbnail Title: Free Download [Mystery Book] ↠ Galaksi Kinanthi: Sekali Mencintai Sudah itu Mati? - by Tasaro G.K. ↠
      Posted by:Tasaro G.K.
      Published :2018-011-15T08:54:40+00:00

    About "Tasaro G.K."

      • Tasaro G.K.

        Tasaro akronim dari namanya, Taufik Saptoto Rohadi, belakangan menambahkan GK , singkatan dari Gunung Kidul, pada pen name nya adalah lulusan jurusan Jurnalistik PPKP UNY, Yogyakarta, berkarier sebagai wartawan Jawa Pos Grup selama lima tahun 2000 2003 di Radar Bogor, 2003 2005 di Radar Bandung Memutuskan berhenti menjadi wartawan setelah menempati posisi redaktur pelaksana di harian Radar Bandung dan memulai karier sebagai penulis sekaligus editor Sebagai penyunting naskah, kini Tasaro memegang amanat kepala editor di Salamadani Publishing Sedangkan sebagai penulis, Tasaro telah menerbitkan buku, dua di antaranya memeroleh penghargaan Adikarya Ikapi dan kategori novel terbaik Di Serambi Mekkah 2006 dan O, Achilles 2007 Beberapa karya lain yang menjadi yang terbaik tingkat nasional antara lain Wandu novel terbaik FLP Award 2005, Mad Man Show juara cerbung Femina 2006, Bubat juara skenario Direktorat Film 2006 , Kontes Kecantikan, Legalisasi Kemunafikan penghargaan Menpora 2009 , dan Galaksi Kinanthi Karya Terpuji Anugerah Pena 2009 Cita cita terbesarnya adalah menghabiskan waktu di rumah menimang anak dan terus menulis buku.


    819 Comments

    1. Apa kabar?Bagaimana hidupmu? Kamu tahu, hidupku semakin tidak mudah. Takdir masih mencandaiku. Apa yang kau lakukan sebenarnya? Mengapa kau tetap bergeming dikepalaku dan tak hendak pergi?Bukankah sudah kupersilahkan kepadamu untuk terbang mengawan? Jujur aku takut. Sepuluh atau dua puluh tahun kedepan aku tak muda lagi. Apa yang aku alami nanti?Apakah tidak ada perubahan dan dunia menjadi begitu menyesakkan? Sepuluh atau dua puluh tahun lagi, apakah kamu tetap menjejali otakku, seperti juga ham [...]


    2. Baca yang kedua, musti nusurin bintangAgak2 ga suka dengan kesan yang didapat pas Kinanthi ditolong di Miami.Walaupun penolong pertamanya orang Muslim Indonesia, tapi jalan yang didapat terlalu mulusHehehehehe, masih ada sentimen pribadi sama novel-novel yang memberikan kesan Amerika adalah penolong semua bangsahhhaf ya Bung TasaroReview pas baca pertama kali:Selama ini, kala membaca buku, saya cenderung menelan bulat2 yang -menurut saya- baik, keren, canggih, mengaggumkan dan tidak menyimpan ya [...]


    3. Kisah cinta yang sangat melelahkan. Itu poin saya untuk novel ini.Bisakah kalian bayangkan bagaimana rasanya menahan perasaan cinta untuk orang lain hampir selama 20 tahun hanya untuk cinta kalian kepada seseorang yang setiap malam menghantui mimip-mimpi kalian? Bisakah kalian bayangkan pula jika kalian kehilangan perasaan untuk mencintai orang lain sepanjang hidup kalian? Ya, sangat melelahkan.Saya merasakan lelah yang dirasakan oleh Kinanthi -tokoh utama dalam novel ini. Perjalanan yang mengur [...]


    4. Kunanti Kau di Galaksi Cinta Lelah berkelana di antariksa raya. Letih mencari di ribuan galaksi. Di antara milyaran bintang dan ribuan galaksi, di manakah dirimu bersembunyi?Apakah kau ada di dekatku di Bimasakti? Di Andromeda, Pegasus atau Sagitarius? atau di Orion, Scorpio atau Libra? Virgo, Lyra atau Vella?Aku menantikan jiwaku yang terbelah sejak lama. Bersama jutaan jiwa lain yang juga sedang melakukan hal yang sama. Bersemedi, bertafakur, membentuk saf dan bertawaf dalam lingkaran purba. K [...]


    5. “Begini cara kerja sesuatu yang engkau sebut cinta; engkau bertemu seseorang lalu perlahan-lahan merasa nyaman berada di sekitarnya, Jika dia dekat, engkau akan merasa utuh dan terbelah ketika dia menjauh….”Kalimat di atas adalah penggalan dari paragraph pembukaan novel Galaksi Kinanthi. Saya tertarik dengan novel ini karena barisan endorsement yang say abaca di cover dan bagian belakangnya (metode yang juga saya terapkan saat memilih film menarik). Nama-nama macam Dee Lestari, ahmad Tohar [...]


    6. Entah kenapa ya, membaca buku ini bikin dejavu. seperti perasaan ketika dulu membaca buku ronggeng dukuh paruk. menggetarkan.Penggambaran suasana alam gunung kidulnya indah, bikin kangen tanah air, juga ingin kelak datang ke sana, terutama pantai-pantai di sekitarnya. Sudah berkali-kali sebetulnya baca nama Tasaro. Tapi belum satupun baca bukunya. Ketika Pak Bambang Trim membahas kelebihan penulis ini di salah satu milis kepenulisan, jadi penasaran, tapi belum juga punya bukunya. Ketika Kang Ale [...]


    7. (view spoiler)[Begini cara kerja sesuatu yang engkau sebut cintaEngkau bertemu seseorang lalu perlahan-lahan merasa nyaman berada di sekitarnya. Jika dia dekat, engkau akan merasa utuh dan terbelah ketika dia menjauh. Keindahan adalah ketika engkau merasa ia memperhatikanmu tanpa engkau tahu. Sewaktu kemenyerahan itu meringkusmu, mendengar namanya disebut pun menggigilkan akalmu. Engkau mulai tersenyum dan menangis tanpa mau disebut gila.Berhati-hatilah…Kelak, hidup adalah ketika engkau menjal [...]


    8. Kalau bukan karena dibilangin bahwa ada unsur Astronominya, gue nggak akan tertarik deh novel ini! Secara, gitu lho, gue demen banget sama hil-hil yang berbau Astronomi.Dan gue nggak menyesal beli buku ini.Pertama, jelas ada unsur perbintangannya, yang ternyata turut menjadi faktor penunjang sisi romantisnya.Kedua, karena cerita ini bertemakan hal basi ala Romeo en Juliet atau Laila Majnun, tapi berkemasan sedemikian rapi, menarik, dan detil.Naah, yang terakhir itu yang paling gue suka, kedetila [...]


    9. Membaca buku ini membuat saya jadi Cengeng [Melankolis]. Ceritanya bikin miris hati. Tapi mungkin itu adalah salah satu potret Keberadaan manusia-manusia devisa, yang disiksa di negeri orang lalu tak dihargai di "rumah" sendiri. Malang nian nasib Kinanthi. Nasib membuat dirinya (bocah) diperjualbelikan dan dihargai dengan 50 kg beras.Setelah terombang ambing dan mendapat perlakuan yang tak layak sebagai TKW, Kinanthi mampu menjadi sosok yang langka diantara pahlawan devisa lainnya. Menjadi seora [...]


    10. Saya sampe beli online buku ini gara-gara udah gak dapet dimana-mana di Palembang.Ini novel fiksi Tasaro yang pertama saya baca, beberapa buku udah beli tapi masih saja dalam tumpukan. Belum dibaca.Kinanthi dengan segala kepintaran dan cerita hidupnya yang sulit. Membuat saya membabat habis buku ini dengan segera. Saya bukan aktifis perempuan, tapi saya rasa kehidupan sulit Kinanthi dari kecil di kampung hingga dia harus menjadi tkw di Arab membuat perjuangan perempuan bernama Kinanthi ini begit [...]


    11. Awalnya saya pikir ini kelanjutan dari Galaksi kinanthi. Setelah beli kedua bukunya dan menyelesaikan buku Galaksi kinanthi saya baru sadar buku ini edisi barunya. Tapi saya gak nyesel kok punya keduanya. Di buku kedua ini lebih komplit, beberapa bab tidak ada dalam buku Galaksi Kinanthi.Perempuan sekali. Isu agama, toleran, perempuan dan juga cinta pastinya membuat buku ini sulit untuk dibilang biasa aja.


    12. Butuh waktu cukup lama bagi saya untuk mengendapkan buku ini di dalam pikiran saya. Itulah sebabnya saya baru menulis review buku ini hampir dua minggu setelah saya selesai membacanya. Ada banyak hal yang ingin saya sampaikan, tapi banyak juga yang kemudian saya urungkan. Setelah membaca buku ini saya juga jadi ingin menulis surat seperti Kinanthi, surat ke seseorang yang entah masih mengingat saya atau tidak. Saya berharap dia masih mengingat saya, meskipun hanya kadang-kadang. Tapi saya rasa s [...]



    13. Kinanthi is a tribute for strong women out there whose life best described by word: tragedy. This novel highlight cruelty and ludicrous treatment imposed by society towards women. Despite the dark set up, the novel highlight the turn around of fate in a most empowering ways. Most importantly, even at the peak of her everything, the reader would still notice the fragile self hidden under the strong facade of her smile. These weak side of a highly competent woman makes Kinan all the more humane an [...]


    14. Selesai membaca, aku setuju dengan endorsement yang ada di sampul belakang buku.Novel ini menceritakan tentang kisah cinta Kinanthi yang seumur hidupnya cintanya selalu hanya untuk orang yang sama, Ajuj. Latar belakang keluarga yang berbeda lah yang menyebabkan kisah mereka berliku liku tak kunjung menemui ujung. Kinanthi dilahirkan dari ibunya yang sering disebut perempuan baulawean (mitos jawa: perempuan yang setiap menikah, suaminya meninggal) dan ayahnya yang seorang penjudi. Sementara Ajuj [...]


    15. great!novel ini bener-bener mengaduk perasaanrcerita tentang seorang gadis kecil bernama Kinanthi dari gunung kidul yang berteman baik (dan memang satu-satunya teman) dengan seorang anak laki-laki anak rois di kampungnya, Ajuj. Pertemanan mereka mengundang ketidaksukaan dari orang tua Ajuj dan beberapa warga yang terlalu memedulikan urusan orang, hal ini dipicu karena kinanti berasal dari keluarga bermasalah ; ayahnya seorang pejudi, ibunya baulawean (pembawa sial-red), kakak laki-lakinya preman [...]


    16. Begini cara kerja sesuatu yang engkau sebut cinta;Engkau bertemu seseorang lalu perlahan-lahan merasa nyaman berada di sekitarnya. Jika dia dekat, engkau akan merasa utuh dan terbelah ketika dia menjauh. Keindahan adalah ketika engkau merasa ia memerhatikanmu tanpa engkau tahu. Sewaktu kemenyerahan itu meringkusmu, mendengar namanya disebut pun menggigilkan akalmu. Engkau mulai tersenyum dan menangis tanpa mau disebut gila.Berhati-hatilahKelak, hidup adalah ketika engkau menjalani hari-hari deng [...]


    17. TKW, Agama dan CintaJudul : KinanthiPengarang : Tasaro GKEdisi : Pertama, November 2012Penerbit : PT. Bentang Pustaka Halaman : 544 halamanSaat berbicara tentang tenaga kerja wanita (TKW), pikiran kita tak bisa lepas dari kisah-kisah tentang kekejaman. Tentang perempuan-perempuan yang diperlakukan bagai budak di luar negeri lalu mengalami perkosaan, kekerasaan, penganiayaan hukuman pancung atau hukuman mati. Memang sudah sejak lama negara ini menjadi penyuplai tenaga kerja ke berbagai negar [...]


    18. well. well. well. Alhamdulillah Akhirnya, setelah temen saya, Rifda yang bilang kalau buku ini oke banget saya pun langsung merampok si empu-nya buku ini dan membawanya pulang. hohoho.tapi, karena sibuk *tidur maksudnya*, kegiatan membaca novelnya pun baru saya mulai kemarin. Itupun sambil terkantuk-kantuk karena baru diajak jalan ama temen. *malahcurhat*Dan,setelah saya membaca buku ini, ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan :- entah kenapa, saya yang memang sedang dalam keadaan ngantuk da [...]


    19. Ini pertama kalinya aku nge-review buku. alasannya: aku baru di GR,, ^_^Ini review ku:Kita mulai dari depan yah, dari sampul. Sampulnya unik. Pake sistem lipat. Tapi yang bikin laen dari yang laen adalah lipatannya yang ke arah luar.Gambar sampulnya, kalau diamati, mungkin akan mengingatkan kita pada novel filosofis Dunia Sophie edisi gold. Cobalah lihat detailnya. Beberapa kesamaan bisa kita bikin list disini misalnya: sama-sama cewek yang memunggungi; memakai gaun yang agak terbang di ujung ro [...]


    20. buku yang penuh dengan ilmu, perjuangan, dan tentu saja; kisah cinta yang memilukan.Tasaro membuktikan bahwa beliau mampu menjadi penulis yang baik serta pendongeng yang menyenangkan. setelah terpesona dengan tetralogi "Muhammad"nya saya memasukkan Tasaro sebagai salah satu penulis yang karyakaryanya akan saya baca.Kinanthi, gadis kecil yang terlahir dari keluarga miskin, dijauhi tetangganya, tidak punya teman, dan hidup penuh hinaan warga kampungnya. Kinanthi bersahabat dengan Ajuj, pemuda yg s [...]


    21. Cinta memang selalu menjadi topik yang tidak akan pernah habis untuk dibahas. Buku ini mengikisahkan mengenai cinta yang dimulai dari persahabatan saat anak-anak hingga dewasa.Novel yang terinspirasi oleh sebuah kisah nyata.Bagi Kinanthi, Ajuj adalah dunianya. Seseorang yang membelanya saat kecil,saat orang llain menghina keluarga dan dirinya, membagi makanan dengannya, membuatkan mainan bagi adik Kinanthi, merasuki pikirannya disetiap kesempatan. Saat Kinanthi mendengarkan lagu melankonis, soso [...]


    22. Mungkin lebih dari empat bintang walau tak sampai bintang kelimamua galaksi penilaian sebuah karya tak begitu penting selama kita bisa menikmati ceritanya.dan saya menikmati membaca buku ini. Kata2 yang mengalir membentuk kisah, menuntun menyebrangi perjalanan hidup kinanthi yang tak mudah.Ada beberapa detail yang saya rasa tak perlu, namun menurut saya masih dalam batas kewajaran.Ada beberapa istilah yang saya tak mengerti, mungkin itu sedikit saran bagi penulis dan editor. Sedikit footnote pad [...]


    23. Satu kalimat yang begitu terngiang dari buku ini:"Balas dendam terbaik dan tanpa menyakiti siapapun adalah dengan menjadi orang sukses."Ini tentang sisi kejam dari sebuah adat,budaya, uang, dan kehormatan wanita dibaliknya.Sebuah kisah perjalanan hidup wanita Jawa yang lahir di lingkungan kolot dan tertutup dari budaya luar. Kemiskinan menjadi selimut hidup. Penghinaan menjadi puisi penghias hari-hari.Namun Kinanthi, gadis lusuh itu, memiliki berlian lain di dirinya. KecerdasanBuku ini sangat me [...]


    24. Awalnya, jika mengesampingkan isi novel ini, saya nggak menemukan hal menarik yang bikin saya pengen baca. Dari kover dan judul yang biasa saja, saya membayangkan kisah cinta seorang perempuan saja seperti kebanyakan. Melihat blurb, bah, saya sangat tidak suka tidak mendapat clue sedikitpun tentang sebuah novel dari blurbnya.Tapi ini rekomendasi teman, saya baca lah. Bab-bab pertama saya merasa asing, maklum bukan orang jawa. Kultur, nama-nama, bahasa jawa yang diselipkan kadang membuat saya keb [...]


    25. .Engkau bertemu seseorang lalu perlahan lahan merasa nyaman berada di sekitarnya. Jika ia dekat, engkau merasa utuh dan terbelah ketika ia menjauh. Keindahan adalah ketika engkau merasa ia memperhatikanmu tanpa engkau tauengkau mulai tersenyum dan menangis tanpa mau disebut gilaDilembar pertama buku ini, ada kutipan seperti diatas, ada kata kata yang begitu dalam maknanya bagi saya. Tasaro mampu bercerita menuangkan segalanya dibuku ini begitu baik. Ada kalanya ketika membaca novel ini saya bisa [...]


    26. memberikan kejutan di setiap lembarnya.jangan berpikir untuk berhenti pada halaman-halaman pertama, jangan pernah berpikir picik bahwa novel ini sama saja seperti "novel2 sombong" yang menceritakan kemewahan dan keglamoranrtahanlah sampai kau tiba di bab 2 dan seterusnyaka aku yakin isakmu akan terdengar, ditampar kenyataan bahwa ini memng lah "mungkin" kisah nyataislah.


    27. penuturan bahasa penulis yang romantis membuat pembaca jadi ikut merasakan haru biru debar deg deg serta sedih tangis yang terdapat dalam cerita. ceritanya sarat hikmah tentang ketulusan dan kesabaran dalam memperjuangkan sebuah rasa galaksi kinanthi "inta ya cinta saja usah mengharapkan apa2, seudah itu mati", katanya.


    28. yes ini novel bukan kisah "cinta melulu" tapi inilah cinta yang kereeeeeeeeen. :P"suatu saat, mencintai adalah memutar hari tanpa seseorang yang kau cintai. sebab dengan atau tanpa seseorang yang kamu kasihi, hidup harus tetap dijalani"walau endingnya, sepertinya, kinanti dan ajuj tetap dipertemukan apapun itu tapi inilah kisah cinta yang menegarkan i like it.


    29. Wowbuku yang luar biasaBenar2 cerdas dan mencerdaskanDalam.rat maknaAsmara,amarah,religi,budaya,ilmiah,semua adaCakupan pengetahua yang begitu luasJempoL!!!


    Leave a Reply